Rabu, 19 Januari 2011

Rahasia Puasa Daud Yang Menakjubkan

Alasan utama ketika mulai menjalankan puasa Daud tahun 2003 adalah sejujurnya karena masalah ekonomi. Apapun usaha yang dilakukan selalu saja gagal. Disamping itu pada tubuh saya menderita berbagai penyakit yang komplikasi.

Untungnya, saya berusaha mencari solusi dengan cara-cara yang islami, walau saya tinggal dalam lingkungan yang mendukung untuk mencari solusi hidup dengan cara pintas yaitu melalui jalur-jalur yang diindikasikan sebagai musrik walaupun mengatasnamakan Islam.

Saya bukanlah berasal dari keluarga yang religius sehingga ketika dewasa saja saya hanya hafal 3 surat dalam Al Qur'an, yaitu surat Al Fatehah, Al Ikhlas, dan An Naas.

Di tahun-tahun pertama menjalankan puasa Daud, saya mulai merasakan barokah puasa Daud tersebut.

1. Saat itu posisi saya dalam keadaan menganggur, Allah menganugerahi saya seorang istri yang luar biasa. Alhamdulillah... Seorang wanita yang tangguh dalam usaha, selalu mandiri dalam mengadapi kenyataan kehidupan yang teramat susah. Ia anak pertama dilahirkan dari sebuah keluarga petani dengan tujuh adik yang harus di asuhnya. Sehingga ketika lulus SGO (saat itu, lulus 1991, sedang saya lulus SMA 1989) ia langsung bekerja untuk membantu orang tuanya membiayai kehidupan sehari-hari dan biaya sekolah adik-adiknya. Dan atas izin Allah jugalah akhirnya ia mampu mengentaskan pendidikan adik-adiknya hingga ada yang tamat kuliah.

2. Saya mendapatkan harta yang cukup untuk kehidupan. Harta itu awalnya dari istri saya tersebut.
Karena ketika saya menikahinya, posisi istri sudah mapan secara ekonomi. Jadi, setelah menikah dengannya, rumah, kendaraan, dan usaha sudah ada.

3. Sembuhnya berbagai penyakit yang saya derita. Penyakit-penyakit ini, sebelum menjalankan puasa Daud sudah menghabiskan biaya yang lumayan untuk kesembuhannya, namun tidak sembuh-sembuh juga.

4. Saya mulai mencintai Al Qur'an dan Al Hadits. Dari yang awalnya hanya hafal 3 surat dalam Al Qur'an, saat ini Alhamdulillah sudah bertambah hafalan surat-surat dalam Al Qur'an.

5. Kemudahan mendidik istri. Istri saya walau sudah ada basic didikan agama Islam dari orang tuanya, namun tidaklah fokus menjalankan syareat-syareat yang dianjurkan oleh Al Qur'an ataupun Al Hadits. Secara sabar saya selalu memberi wejangan kepadanya tentang perlunya wanita menggunakan jilbab, dan Alhamdulillah, akhirnya iapun berjilbab dalam kesehariannya. Lalu saya juga menganjurkan ia untuk belajar berpuasa sunnah, Alhamdulillah, iapun mulai berpuasa Daud sejak 2006 hingga saat ini, sempat rehat beberapa bulan karena kondisi yang tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Secara sabar juga saya menyarankan untuk mulai menghafal Al Qur'an dan memahami arti dan maknanya serta banyak membaca buku-buku tentang Al Qur'an dan Al Hadits baik melalui dunia nyata maupun dunia internet, Alhamdulillah... ya Allah nikmat yang sangat besar ini tidaklah sebanding dengan amalan-amalan yang saya lakukan...

6. Banjir rezeki. Di tahun kelima atau keenam Allah menguji kami dengan melimpahnya tawaran berupa uang, rumah, kendaraan. Itu semua adalah pemberiaan seseorang, namun kami, Alhamdulillah... dapat mengatasinya dengan keyakinan bahwa harta memang kami butuh namun ada yang sedang benar-benar kami cari dalam hidup ini yang tidak dapat dibeli dengan materi, yaitu ketenangan jiwa.

Masih ada beberapa rahasia atau manfaat dari menjalankan puasa Daud ini, namun semoga 6 point tersebut di atas dapat memotivasi kita khususnya mengingatkan kita bahwa "Musuh utama diri kita adalah syaitan yang ada pada diri kita sendiri. Musuh kita itu adanya bukanlah diluar, tetapi di dalam diri kita sendiri namun kebanyakan manusia tidak menyadarinya.

Marilah kita menjalani kehidupan ini dengan sabar dan bila diuji Allah dengan kebaikan ataupun keburukan kita kembalikan lagi kepada Allah SWT.

Al-Hadiid, 5 :

"Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi. Dan kepada Allah-lah dikembalikan segala urusan."

23 komentar:

  1. masya Allah...

    saya juga pengin...
    (hehe [saya puasa dawud dah alhamd. setaunan lebih + beberapa taun yang lalu 2 taunan] tapi semua terserah Allah, yang penting kita dah berusaha)

    BalasHapus
  2. Itu sih bukan nemu harta bro, tapi istrinya dah kaya sebelum sampeyan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kuman negatif, enyah lah kau dari artikel ini,, gk usah komentar

      Hapus
  3. apapun keajaiban dari puasa jika ujung ujungnya duniawi dan kita terpesona karenanya itu juga merupakan ujian dalam bentuk yang lain.Hakikat puasa yang seharusnya menghilangkan kerakusan trhadp duniawi malah diselewengkan dengan berpuasa ingin mendapatkan harta.Dengan berpuasa mari kita mengharap keridhoan dan kasih sayangnyaNya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampean itu gk ngaji,, jd gk paham, jadi jangan komentar lah,,

      Hapus
    2. Kalo tidak berharap dari Allah mau dari siapa lagi?? baik itu duniawi, ukhrawi semua pengharapan kembali pada allah, @guntur : lanjutkan...

      Hapus
    3. anonim@ allah menyuruh kepada ummatxx ...? jika kau ingin kaya sholat duhalah+tahajud..!termasuk puasa daud ........?

      itu allah yng bilang brooo bukan manusia

      Hapus
    4. setuju banget,,,,kita berharap bisa kaya tapi kekayaan itu kita pakai di jalan Allah....insyaAllah barokah,,,nice posting...barakallahu fikum

      Hapus
  4. @Anonymous, terima kasih. Dari hasil perenungan kami pribadi ketika kita melakukan sesuatu tentunya kita mengharap dari hasil kita tersebut. Begitu juga ketika kita sholat tentu disitu ada yang Allah janjikan bila mengerjakannya. Bagaimana bila seseorang mengerjakan perbuatan baik atau buruk lalu imbalannya sama. Manalah mungkin kita melakukan sesuatu tanpa mengharap imbalan. Kita tidak akan melaksanakan rukun Islam apabila tidak ada yang Allah janjikan disitu. Tapi benar, hakikat puasa adalah mampu menahan diri. Dan saya yakin bila anda mampu berpuasa secara lama atau mampu sholat tahajud atau sholat duha ataupun hafal Al Qur'an, kita akan merasa bangga dan senang dengan karuna Allah tersebut. Karakter yang timbul ini tidak bisa dihindari.

    BalasHapus
  5. mudah2an bermanfaat buat say dan keluarga...saya memang berupaya untuk istikoroh...alhamdulillah jawabannya mantap...mulai belajar puasa daud...walau baru beberapa hari...hasilnya fisik prima...enteng...tapi tetep tidak ingin merubah niat bahwa ingin meraih ridho Allah...manfaat lainnya apakah sehat, kaya, bahagia, adalah sebagai sesuatu yang harus disyukurin saja...bismillah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah...saya merasa kagum dengan komentar kawan2 semua ini...semua positif, yang penting kita landasi dengan niat lillahi ta'ala...puasa salah satu jalan utk mendekatkan diri kita kepada Allah,dengan semakin dekat kita kepada Allah, InsyaAllah ketenangan jiwa dapat kita raih...InsyaAllah dunia bisa kita dapat dan InsyaAllah akhirat jg kita dapat..dunia baik & akhirat baik..mari kita luruskan niat kita.

      Hapus
  6. Terima kasih sudah berbagi pengalaman...

    BalasHapus
  7. Waah terimakasih sudah berbagi info tentang berpuasa daud, alhamdulillah saya sudah menjalani puasa daud meskipun baru 2 hari.

    Saya mohon do'a-nya agar niat saya ini semakin kuat dan tercapai hajat dan cita2 saya...amiiin yaa robbal allamiiiin... ;-)

    -sugeng sriadi-

    BalasHapus
  8. saya pelaku puasa daud habis lebaran ini saya mulai lagi serasa msh puasa ramadhan aja.nikmat nya ga bisa terbilang

    BalasHapus
  9. bagaimana kalo saya berpuasa daud disamping mengharap ridho allah, mencari ketenangan jiwa raga juga mengharap allah bisa membantu kami melunasi hutang2 kami, karena hutang kami sangat besar dan kami gali lobang tutup lobang unk membayarnya, mohon bantuan solusi untuk masalah kami ini, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, Do'a untuk..apabila sulit u/tidak mampu membayar hutang Mass' searching aj d google, pasti ad bacaan do'a nya. Atau bisa cari buku tentang Do'a & Dzikir sehari hari.

      Hapus
    2. Mas Bro, saya rasa itu manusiawi. Pada saat berpuasa Daud itulah kita berdoa, mohon dikabulkan hajat kita shg ibadah kita kepada Allah akan lebih khusyu. saya pernah baca Doa satu orang yang sdg berpuasa Daud lebih baik dari doa seribu orang yang tidak berpuasa daud. Masalah zikir kalo saya yang utama ada 3, yaitu zikir istighfar (mohon ampunan Allah), Sholawat kepada Nabi Muhamad, dan Zikir Allah (bisa; Laailaaha illallah, Allah-Allah; dll). Masalah doa, pake bahasa Indonesia aja, atau bahasa sendiri lebih enak dan lebih khusyu. Allah Maha Mendengar. lanjutkan Bro. Salam

      Hapus
  10. semoga membuat semngat semuanya untuk terus ibadah

    amiin

    BalasHapus
  11. terima kasih, saya jadi termotivasi, saya juga mempunyai beberapa impian

    BalasHapus
  12. alhamdulillah ketemu blog ini, sangat memotivasi. Trima kasih kepada teman-teman semua

    BalasHapus
  13. Puasa daud adalah termasuk amalan nabi daud yang di sunnahkan oleh nabi muhammad disamping sholat malam, dua amalan ini lebih dicintai allah Swt. faedahnya kita akan di cintai Allah Swt, amalan lain itu untuk kita pribadi, sedangkan puasa untuk allah Swt sehingga allah Swt yang akan memberikan pahalanya itu sendiri kepada kita yang berpuasa, baik berupa harta, tahta dan lainny, namun perlu diingat bahwa cinta allah swt tetap menjadi utama. salam dari Komunitas Sunnah Daud Sumatera Selatan. M. Hamdani, AMKep, SKM, M. Kes (Biomed).... buat kawan-kawan pencari cinta allah swt kita buat acara buka bersama yoo... tanggal 20 Mei 2013 di sekretariat KSD Sumsel. infak Rp 10.000,- kalau mau ikut sms ke 0711 790 8 790 aja. target kita ada 500 orang pengamal sunnah daud, sholat malam dan puasa daud.

    BalasHapus
  14. sebaik-baik yang di cari adalah Allah
    sebaik baik yang diTuju adalah Allah
    carilah ridho Allah, niatkan semua ibadah untuk mencari keridhoan Allah.

    BalasHapus
  15. puasa daud adalah ma rifat kepada tuhan;dengan sendirinya harta akan menghamba

    BalasHapus