Kamis, 20 Januari 2011

Kehebatan Puasa Daud Menurut Rosululloh SAW

Secara spesifik Rosululloh SAW menerangkan manfa'at dari puasa Daud. Ini kita ketahui dari Shahih Bukhari, 1841 :

Telah menceritakan kepada kami ['Amru bin 'Ali] telah mengabarkan kepada kami [Abu 'Ashim] dari [Abu Juraij] aku mendengar ['Atho'] bahwa [Abu Al 'Abbas Asy-Sya'ir] mengabarkan kepadanya bahwa dia mendengar ['Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhuma] (berkata,);

Telah sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berita tentang aku bahwa aku akan terus berpuasa dan shalat malam. Aku tak ingat lagi, apakah kemudian beliau mengutus utusan atau aku menemui beliau, dan

Beliau berkata: "Apakah benar kabar bahwa kamu akan berpuasa tidak akan berbuka dan shalat malam (tanpa tidur)? Puasa dan berbukalah, shalat dan juga tidurlah. Karena bagi matamu ada bagian hak atasmu dan bagi dirimu dan keluargamu ada bagian hak atasmu".

'Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhuma berkata: "Sungguh aku lebih kuat dari (amal amal) itu".

Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah dengan puasanya Nabi Daud Alaihissalam".

Dia bertanya: "Bagaimana caranya".


Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menawab: "Nabi Daud 'Alaihissalam berpuasa sehari dan berbuka sehari sehingga dia tidak akan kabur ketika berjumpa dengan musuh".

Dia berkata: "Lalu Siapa teladan bagi diriku dalam masalah puasa sepanjang jaman ini wahai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Allah?

'Atho' berkata: "Aku tidak tahu bagaimana dia menyebutkan puasa abadi (sepanjang hidup), karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak dianggap puasa bagi siapa yang puasa abadi". Beliau mengucapkannya dua kali.

19 komentar:

  1. Hi mba, saya membaca disini seperti dekat dengan ustad saya yang selalu mengingatkan saya untuk selalu dekat Yang Maha Agung. Thanks atas sharenya. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. tx tad, saya lebih paham tentang " PUASA DAUD ".
    Smg bermanfaat buat kita smua .... Amiin.

    BalasHapus
  3. Terima kasih semuanya. @Qibam, semoga Allah membalas apa yang Pa Qibam lakukan selama ini dengan kebaikan yang berlipat. Aamiin.

    BalasHapus
  4. ass. wr. wb Pak ustad kami sekeluarga InsyaAllah menjalankan puasa Daud, tetapi kami di larang oleh orang tua. kami yakin Puasa ini punya dasar landasannya. kami tetap menjalankan walau kadang kami berbohong jika ditanya kami tidak puasa sesungguhnya kami puasa, sepertinya kami tidak disukai. kami sekeluarga mohon doa dan saran dari bapak dan saudara-saudaraku semuslim agar kami mampu dan sabar dan tetap meneruskannya. dan apa puasa kami diterima karena berbohong?. terima kasih sebelumnya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa jujur jangan malu/takut karena kamu puasa,,
      malu & takut kepada allah

      Hapus
  5. assalamualaikum ustadz,.....puasa daud yg saya lakukan ini begini ustadz,...misalkan saya senin puasa,lalu saat hari rabu saya tidak bisa puasa karena ada pekerjaan,..lalu saya puasa lagi hari jumat,...karena kan kamis bkan waktu berpuasa seandainya saya rabu puasa,.....atau saya hrs puasa hari kamis untuk mengganti hari rabu ustadz,......syukron ustadz,...wassalamualaikum,..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. puasa daud tu lillahi taala(karena allah) bukan karena pekerjaan,,
      tu cobaan/ujian buat kamu,
      terima kasih,,

      Hapus
  6. @Pa Iman, semoga Allah selalu memberikan petunjuk-Nya bagi hamba-Nya yang meyakini-Nya. @Pa Daruberto, hari apapun untuk mulai puasa Daud terserah kemampuan kita asal jangan hari-hari haram untuk melakukan puasa. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. semoga puasa daud ada mafaat buat yg melksnknkya.aku jgsuka puasa daud

    BalasHapus
  8. saya sudah menjalani puasa daud selama setahun. tetapi ada yg membuat pkiran saya masih bimbang.. yaitu tentang ijazah puasa nabi daud. apakah puasa nabi daud tanpa ijazah itu beresiko atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. puasa kg minta ijazah,,,
      lillahi ta ala,,,

      Hapus
  9. puasa dawud tdk usah minta ijasah karna gurunya adalah Rosul asalkan niatnya utk ibadah semata karna Allah Insya Allah akan manfaat buat kita,

    BalasHapus
  10. jadi ingat dulu waktu masih d AL-Mukmin NGRUKI bersama teman2 yang istiqamah jalanin puasa DAUD

    BalasHapus
  11. semakin membuat saya bersemngat berpuasa karna sudah banyak yang saya rasakan, terimakasih infonya

    BalasHapus
  12. insyaallah lepas yang satu ini saya juga mau melaksanakan..

    BalasHapus
  13. cobaannya Luar bisa,,Nikmatnya pun Luar biasa...

    BalasHapus
  14. boleh ga klo kita puasa daud selang satu hari dalam waktu sepekan...
    mohon infonya.. :)

    BalasHapus
  15. terimakasih atas informasinya.. semoga bermanfaat bagi seseorang yang baca. Amin

    BalasHapus