Sabtu, 29 Januari 2011

Lancar Baca Dan Hafal Surat Al Baqarah Ayat 22


Alladzii ja'ala lakumu al-ardha firaasyan waalssamaa-a binaa-an wa-anzala mina alssamaa-i maa-an fa-akhraja bihi mina altstsamaraati rizqan lakum falaa taj'aluu lillaahi andaadan wa-antum ta'lamuuna.

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Untuk dapat membaca Surat Al Baqarah Ayat 22 dengan lancar, terlebih dahulu download MP3 pembacaan Surat Al Baqarah Ayat 22 disini. Tujuannya adalah untuk mengetahui pembacaan ayat ini dengan benar panjang pendeknya. Bila sudah di download, putar pada Winamp di komputer kita dan setting berulang-ulang. Sehingga satu ayat tersebut bila sudah selesai akan kembali ke awal surat.

Dengarkan baik-baik sambil ikuti dengan mulut kita. Lakukan pengulangan semampu kita. Seratus kali atau lebih terserah. Bila sudah terasa mulut dapat meniru pembacaan tersebut, berarti satu hal sudah kita selesaikan bahwa kita sudah lancar dalam taraf membacanya.

Selanjutnya adalah bagaimana cara supaya kita hafal ayat tersebut tanpa melihat dan dapat tertanam dalam ingatan kita dalam jangka waktu yang lama. Caranya adalah dengan memotong ayam yang panjang pada bagian-bagian yang pendek lalu kita ucapkan lagi berulang-ulang. Buatlah suatu target pengulang seumpama minimal mengulang pembacaan ayat yang pendek tersebut 50 kali. Contoh seperti dibawah ini:

























Lakukan pengulangan membacanya berkali-kali pada bagian-bagian pendek tersebut dari awal ayat lalu sesudahnya dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar