Jumat, 31 Desember 2010

As-Sudais Imam Masjidil Haram Biografi Singkat

Sebagian besar ummat Islam tentu tidak akan asing mendengar lantunan suara murottal Al Qur'an yang dilantunkan oleh Imam Masjidil Haram yang lebih dikenal dengan As Sudais. Beliau adalah ayah dari Muhammad Bin Abdul Rahman Al-Sudais, Abdullah bin Abdul Rahman Sudais.


Abdurrahman bin Abdul Aziz as-Sudais an-Najdi, dilahirkan di Riyadh, Arab Saudi tahun 1961. Dia adalah imam besar Masjidil Haram Kota Suci Mekkah, Arab Saudi.

Sudais berasal dari Bani Anza. Ia telah hafal al-Qur'an pada umur 12 tahun. Tumbuh di Riyadh, Sudais belajar di SD Al-Muthana bin Harits, dan setelah itu kuliah di Riyadh Scientific Institution dan lulus tahun 1979 (umur 17–18 tahun) dengan nilai baik.

Ia memperoleh ijazah Syariah dari Universitas Riyadh di tahun 1983 (umur 21–22 tahun), dan menjadi anggota PPI (Pengetahuan Pokok Islam) sebagai pemberi ceramah atau dosen. Ia mempelajari Islam dari gurunya di Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di tahun 1987 (umur 25–26 tahun) dan menerima gelar Ph.D.

Ia aktif di Universitas Syariah Islam Ummul Qura pada tahun 1995 (umur 33–34 tahun) sebagai asisten profesor setelah aktif di Universitas Riyadh.

Pada tahun 1404 H (1983 M) beliau ditunjuk sebagai Imam dan Khotib Masjid al-Haram, Makkah. Di sana pertama kalinya beliau menjadi imam pada sholat Ashr tanggal 22 Sya’ban 1404H .Khutbah pertama pada hari kelima belas bulan Ramadhan 1404H .

Dalam tahun yang sama, Dr. Abdul Rahman mendapat gelar Master Degree, dengan predikat “Excellent” dari Universitas Syari’ah Imam Muhammad bin Saud. Beliau dilimpahi wewenang untuk menjadi guru asisten di Universitas terkemuka Ummul Qura’, Makkah, di mana beliau mendapatkan gelar Doktornya, dan lagi-lagi lulus dengan predikat “Excellent” pada tahun 1416H. Beliau ditunjuk menjadi Dosen Fakultas Syari’ah di Universitas Ummul Qura’.
Dan beliau ditetapkan sebagai Imam Masjidil Haram pada tahun 1404 H saat umur beliau 22 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar