Kamis, 20 Januari 2011

Cara Puasa Daud Sesuai Petunjuk Rosululloh SAW

Ada beberapa hadits sohih yang menjelaskan tentang cara puasa Daud. Diantaranya adalah Shahih Bukhari, 1841 :

Telah menceritakan kepada kami ['Amru bin 'Ali] telah mengabarkan kepada kami [Abu 'Ashim] dari [Abu Juraij] aku mendengar ['Atho'] bahwa [Abu Al 'Abbas Asy-Sya'ir] mengabarkan kepadanya bahwa dia mendengar ['Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhuma] (berkata,); Telah sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berita tentang aku bahwa aku akan terus berpuasa dan shalat malam. Aku tak ingat lagi, apakah kemudian beliau mengutus utusan atau aku menemui beliau, dan Beliau berkata: "Apakah benar kabar bahwa kamu akan berpuasa tidak akan berbuka dan shalat malam (tanpa tidur)? Puasa dan berbukalah, shalat dan juga tidurlah. Karena bagi matamu ada bagian hak atasmu dan bagi dirimu dan keluargamu ada bagian hak atasmu". 'Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhuma berkata: "Sungguh aku lebih kuat dari (amal amal) itu". Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah dengan puasanya Nabi Daud Alaihissalam". Dia bertanya: "Bagaimana caranya". Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menawab: "Nabi Daud 'Alaihissalam berpuasa sehari dan berbuka sehari sehingga dia tidak akan kabur ketika berjumpa dengan musuh". Dia berkata: "Lalu Siapa teladan bagi diriku dalam masalah puasa sepanjang jaman ini wahai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Allah? 'Atho' berkata: "Aku tidak tahu bagaimana dia menyebutkan puasa abadi (sepanjang hidup), karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak dianggap puasa bagi siapa yang puasa abadi". Beliau mengucapkannya dua kali.

Penjelasan dari Shahih Bukhari, 1841 tersebut sangat mudah dipahami. Contohnya, apabila hari ini berpuasa, maka besok hari tidak berpuasa, lalu besok harinya berpuasa, lalu besok harinya tidak berpuasa dan seterusnya.  Kecuali pada hari-hari yang diharamkan yaitu dua hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha, serta hari-hari Tasriq, tidak boleh berpuasa Daud.

200 komentar:

  1. jika di hari selasa kita puasa
    kmudian terjadi susuatu yang mengakibatkan puasa tersebut batal
    jadi hari untuk melanjutkan nya hari rabu atau hari kamis????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari Kamis, karena disitulah letak selang-selingnya NDawud

      Hapus
    2. Apabila kita sudah menyelesaikan puasa syawal 6 hari, lalu dilanjut puasa dawud yg masih dibulan syawal boleh atau tidak? Jazakumullah

      Hapus
    3. Apabila kita sudah menyelesaikan puasa syawal 6 hari, lalu dilanjut puasa dawud yg masih dibulan syawal boleh atau tidak? Jazakumullah

      Hapus
    4. Boleh saja. Tetapi lebih afdhol nya mengqadha puasa Ramadhan terlebih dahulu (jika ada), baru melaksanakan puasa Syawal (hanya) 6 hari (lebih cepat menyelesaikan puasa Syawal di bulan Syawal lebih baik). Baru boleh melaksanakan puasa Daud sepanjang tahun hingga ramadhan tahun depan (terkecuali di hari² dimana haram untuk berpuasa) Wallahu a'lam

      Hapus
    5. Buat temen temen yang pengin pelajar atau sudah istiqomah menjalankan puasa nabi daud mohon hubungi wa saya di 081213143168. saya ada grup wa khusus pecinta puasa nabi daud.mungkin diskusi bisa lebih intens di grup wa tersebut

      Hapus
    6. Tolong gabungin wa sya d grop ini syng pngen sering maslah puasa ini 085322989935

      Hapus
    7. Utdz untuk awal puasa afdolnya hari apa?...apa ada keterangan hadits'a?...?"

      Hapus
    8. saya pernah menghubungi no tersebut utk di masukkan ke dalam grup khsusus, tapi sayang, sy tidak diperkenankan masuk ke dalam grup khusus tersebut karena alasan pekerjaan saya.

      Hapus
  2. Dalam hadits puasa Daud diterangkan puasa Daud adalah puasa selang satu hari, bagaimana bila terjadi seperti yang mas Abdi contohkan, maka ini dikembalikan kepada pelaku puasa Daud tersebut. Yang kami lakukan adalah apabila kita sudah terbiasa dengan jadwal hari berpuasa Daud contohnya hari selasa berpuasa maka rabu tidak, apabila hari selasa tersebut batal, besoknya hari rabu boleh berpuasa lagi dan kamisnya tdak atau tetap mengikuti jadwal kebiasan hari puasa Daud yang telah dilakukan yaitu selasa tidak puasa yang mestinya puasa, rabu tidak puasa, dan kamis mulai puasa lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah berpuasa daud dan mengamalkan sesuatu harus ada gurunya.karna sy tkut sprt yg dceritakan ibu sy bhw segala sesuatu harus ada gurunya?ktanya lgi kl kita tdkkuat nnti bisa gila .apakah itu bnr..mhon penjelasannya trimakasih

      Hapus
    2. @mas Hidayat. Kemungkinan semua amalan bila ada yang membimbing akan lebih baik namun dari pengamatan kami bila seseorang menjalankan amalan sunnah puasa senin kamis atau puasa Daud, insya Allah tidak ada mudorotnya bila sesuai syariat Islam. Puasa Daud ini tidak ada kaitan dengan perilmuan yang kami sendiri tidak pahami. Mohon dipahami bahwa puasa Daud termasuk amalan puasa sunnah dalam Islam.

      Hapus
    3. bagaimana hukumnya puasa daud hanya 1 bulan atau beberapa bulan saja? maksudnya tidak sepanjang tahun, apakah itu sah? mohon penjelasannya.

      Hapus
    4. Menurut saya puasa ini sunnah, kalo pun ada halangan tidak bisa mengerjakan puasa ya tidak apa2 tidak ada dosa, kemudian jika kita inginkan mulai puasa juga terserah kita semampu kita, diusahakan istiqomah alhamdulillah sayapun mengalaminya sampai sekarang puasa sudah hampir 4 tahun, diawal2 puasa juga pernah bolong2 pas puasa.

      Hapus
    5. Assalamualaikum..
      Saya mau tanya.. Saya sedang menjalankan amalan puasa taubat.. Saya sudah puasa selama dua hari..dan hari ketiganya saya tidak puasa..apakah harus ulang dari pertama ?
      Puasa taubat kan empat hari beserta zikir nya.. Apakah saya harus ulang lagi apa bisa di lanjut untuk yg hari ketiga dan ke empat.

      Hapus
    6. Assalamu'alaikum wr wb... Saya mau nanya klo sy mulai puasa daud hari senin s/d jumat saja tiap minggunya lalu hari sabtu minggu sengaja tidak puasa itu boleh gak? Mohon bantuannya... Teima kasih

      Hapus
    7. pak maaf sebelumnya kalo kita puasa daud lalu di tengah puasa kita halangan
      itu nanti setelah halangan di mulai awal lagi atau dihitung urutan nya sesuai sebelum halangan pak
      terima kasih

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum wr wb. saya tertarik dengan puasa Daud As, tapi yang menjadi pertanyaan saya apakah puasa Daud dikerjakan selama 24 jam? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepeti biasa aja ... dari waktu imsak habis sampai waktu maghrib tiba

      Hapus
  4. Puasa Daud dilakukan seperti puasa wajib, yaitu dimulai ketika terbit fajar dan berbuka ketika terbenam matahari/maghrib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asaalamu'alaikum yaTuan syekh saya farhan umur 14 tahun...minggu pertama saya mulai puasa hari senin otomatis hari minggu kan saya puasa,bagaimana kalau saya melewatkan 1 hari karena hari minggu saya main futsal...maklum anak mudA.....
      Syukron katsiron ya syekh.
      Assalamu'alaikum ...

      Hapus
    2. Boleh kah melaksanakan puasa daud hanya 3 hari dalam seminggu yakni hari selasa kamis dan sabtu...

      Hapus
    3. Boleh kah melaksanakan puasa daud hanya 3 hari dalam seminggu yakni hari selasa kamis dan sabtu...

      Hapus
  5. mulai kapan kita bisa puasa daud?
    sebetulnya saya ingin mulai setelah idul fitri
    tapi saya bingung karena setelah idul fitri itu ada puasa sunah syawal 6 hari, karena menurut saya rugi juga kalau saya gak puasa syawal karena hanya 1 tahun sekali
    apa saya harus langsung puasa daud atau saya harus puasa syawal dulu?
    dan pahalanya lebih besar mana antara puasa syawal sama puasa daud?

    Jazakumullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah untuk mulai puasanya... Menurut saya dalam hadits Nabi pun pernah mengatakan bahwa puasa yang paling baik itu puasa daud jadi sayapun berfikir puasa sunnah tertinggi itu puasa daud, dan dengan niat puasa daud sebenarnya bisa juga kita tambah niat kita dengan puasa sunah lainnya misalnya puasa syawal, puasa senin kamis dan puasa sunnah lainnya, jadi kalo kita puasa daud pas syawal sebenarnya kita juga melaksanakan puasa daud dan syawal sebanyak 15 hari. Semoga bisa difahami...

      Hapus
    2. Memangnya ada ya pak, sunah menggabungkan niat niat puasa?

      Hapus
    3. Saya bisa minta tolong dicarikan hadist, shahihnya kah?

      Hapus
    4. Saya akan mencoba dr yg saya tahu, Akhy Rahmat143 @ mungkin yg dimaksud bukan menggabungkan niat, melainkan niat puasa Daud pd bulan Syawal mendapatkan 2 pahala yaitu:
      Sunnah Daud dan sunnah Syawal. Dan kalau bertepatan dengan hari Senin atau Kamis, mendapatkan juga pahala sunnah Daud, pahala sunnah Syawal dan pahala sunnah Senin / Kamis. Tapi niatkan salah satunya saja dari puasa sunnah itu. Itulah bukti bahwa Allah itu Maha Pemurah.
      Wallaahu a'lam bish-showab.

      Hapus
    5. Saya akan mencoba dr yg saya tahu, Akhy Rahmat143 @ mungkin yg dimaksud bukan menggabungkan niat, melainkan niat puasa Daud pd bulan Syawal mendapatkan 2 pahala yaitu:
      Sunnah Daud dan sunnah Syawal. Dan kalau bertepatan dengan hari Senin atau Kamis, mendapatkan juga pahala sunnah Daud, pahala sunnah Syawal dan pahala sunnah Senin / Kamis. Tapi niatkan salah satunya saja dari puasa sunnah itu. Itulah bukti bahwa Allah itu Maha Pemurah.
      Wallaahu a'lam bish-showab.

      Hapus
  6. Kapan waktu asal bukan hari haram berpuasa dapat mulai berpuasa Daud. Adapun puasa Daud dilakukan setelah Idul Fitri atau mengerjakan puasa Syawal dahulu tidak masalah mana yang lebih suka dan sekemampuan, dan masalah pahala kedua puasa yaitu puasa Daud dan puasa Syawal adalah kebaikan. Utamanya ketika berpuasa disitu ada suatu urusan khusus antara Allah dan pelaku puasa tersebut.

    BalasHapus
  7. Semoga kita berpuasa untuk melawan syaithan dan mendaptkan kebahagiaan dunia dan akhirat dg berpuasa.amiin

    BalasHapus
  8. Aslmkm wr wb..pak..sebnarnya Bagaimana Asal muasal Nya puasa daud ini di lakukan..?

    BalasHapus
  9. @Anonymous, terima kasih atas pertanyaannya. Sebetulnya dari hadits di atas merupakan hadits asal usul dari puasa Daud. Anda dapat searching dengan kata kunci "Asal Usul Puasa Daud".

    BalasHapus
  10. asslkm saya ingin bertanya kalau pada saat kita berpuasa jatuh pada hari tasyrik otomatis puasa daud akan berhenti kita mulai lagi saat kapan??

    BalasHapus
  11. @the dims place, terima kasih pertanyaannya. Bila ada kemampuan, setelah habis hari tasriq yaitu 3 hari, kita bisa mulai lagi berpuasa Daud. Intinya kapan waktu dapat berpuasa Daud asal jangan pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.

    BalasHapus
  12. Guide for Fasting Of Prophet David Observers.

    BalasHapus
  13. Ass..
    Seandainya saya ingin puasa daud selama 40 hari apakah boleh???lalu bagaimana jika dalam waktu tersebut berhalangan???
    Wass..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mampu sebaiknya genapkan Puasa Dawud minimal sampai setahun, maka disitulah terdapat fadlilahnya Puasa Dawud. Tetapi jika di pertengahan tahun berhenti karena suatu sebab, maka tidak berdosa karenanya.

      Hapus
  14. @Anonymous, terima kasih. Walau dalam hadits-hadits yang menjelaskan tentang puasa Daud sangat jelas diterangkan cara-cara melakukan puasa Daud, namun dalam prakteknya banyak dijumpai kasus-kasus yang dianggap membingungkan bagi yang melakukannya, termasuk puasa Daud dengan jangka waktu tertentu. Di lapangan kami dapati para pelaku puasa Daud ada yang berjangka pendek, menengah, dan panjang. Termasuk berjangka 40 hari berpuasa Daud itu sah-sah saja toh tidak ada pelarangan hadits puasa Daud untuk kasus tersebut. Adapun bila berhalangan, dapat memulainya kembali kapan waktunya asal bukan hari haram berpuasa.

    BalasHapus
  15. jika puasa hari kamis, kemudian diselang, lalu sabtu berpuasa, lalu minggu tidak, lalu senin berpuasa, lalu berpuasa lagi hari rabu, apakah boleh? karena sepanjang yg saya tahu diharamkan berpuasa hanya hari jumat saja/sabtu saja..? (ada hadistnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah baca di hadist kesimpulannya adalah puasa hari jumat tidak boleh dilakukan secara tunggal (jika berpuasa pada hari jumat saja). Jika kamisnya puasa, maka boleh berpuasa di hari jumat. Atau jika hari jumat puasa, maka harus berpuasa di hari sabtunya (besoknya). Mohon Koreksi bila salah

      Hapus
  16. Ass Wr Wb,
    Tanya begini, terkait puasa daud dan rencana kegiatan luar/perjalanan, saya ingin mengatur hari tertentu yang jadwalnya puasa agar menjadi tidak puasa, tapi tidak mengurangi jumlah selang dalam hari buka (tidak puasa). Boleh gak misal mengatur harinya dengan cara berpuasa 2 hari berturut-turut, tetapi hari tidak puasa tetap hanya 1 hari. Misal hari senin pas jadwal puasa, kemudian dilanjut puasa lagi hari selasa, agar hari Rabu gak puasa.
    Jawaban sangat kami tunggu, dan jazakumullohu ...

    BalasHapus
  17. @Pa Maryanto, terima kasih. Intinya ketika berpuasa sunnah jangan sampai menimbulkan mudorot. Kalau itu kemampuan yang ada pada pa Maryanto tidak masalah. Walau berdasar keterangan hadits puasa Daud adalah selang satu hari, namun prakteknya tiap individu memiliki kondisi yang berbeda. Yang penting kita niat puasa sunnah dalam koridor yang sudah ditentukan. Terima kasih.

    BalasHapus
  18. @Dhienda Cleo, terima kasih pertanyaannya. Yang dimaksud tidak boleh puasa hari jumat maksudnya mengkususkan hari jumat berpuasa tanpa sebelumnya berpuasa. Bagi pelaku puasa Daud, bila jumat ini puasa maka jumat depannya tidak dan seterusnya.

    BalasHapus
  19. asw...saya bersyukur dapatkan blog ini, karena info seputar puasa daud jadi lebih jelas, dilihat dari beragam kasusnya...saya juga sedang belajar melakukannya...pertanyaannya...apakah ketika kita memulai puasa ini tidak boleh diniatkan dengan jangka waktu tertentu?tapi harus seumur hidup?saya sndiri insyaallah berniat jangka panjang,mengingat manfaat dan faedahnya...mohon jawabannya..tks yaa..:)

    BalasHapus
  20. ass...
    saya sudah melakukan puasa daut semenjak pertengahan syawal sampai sekarang. kata ibuk saya puasa daud itu tidak boleh terputus minimal selama satu tahun. kata ibuk saya juga, kalau puasanya bolong satu hari saja, puasa yang selama ini dikerjakan tidak dianggap dan harus diulang dari awal. APA BETUL????? mohon jawaban yang benar dan lebih baik mana puasa senin kamis atau puasadaud????

    BalasHapus
  21. @Anonymous, masalah niat puasa Daud itu tergantung kemampuan kita. Jadi mungkin tiap orang akan berbeda-beda. Ada yang jangka pendek, menengah, maupun panjang. Jadi, bab niat ini dikembalikan kepada kondisi masing-masing. Adapun mana yang baik puasa senin kamis atau puasa Daud? Kedua puasa tersebut adalah sunnah dan kembali kepada kita mampunya yang mana. Catatan, jangan sampai dengan berpuasa sunnah malah menimbulkan mudorot. Adapun bila puasa Daud terputus harus ulang awal lagi, kami sendiri kembalikan kepada masing-masing pelaku Daud namun syah saja bila baru beberapa bulan Puasa Daud lalu batal dan ingin mengulanginya lagi. Terima kasih untuk semua pertanyaan.

    BalasHapus
  22. Ass wr wb.Mengutip sebuah hadist : Beliau(Nabi Daud As)biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” (HR Bukhari),yang ingin saya tanyakan disini 1/2,1/3,1/6 malam itu antara jam berapa ke jam berapa?sekian,terima kasih.

    BalasHapus
  23. @Anonymous, terima kasih. Kami merujuk dari surat Al Muzzammil ayat 3 dan 4 "seperdua atau kurangilah dari seperdua itu sedikit". "atau lebih dari seperdua itu..." Jadi, kesimpulannya setelah jam 12 malam sampai sebelum subuh.

    BalasHapus
  24. assalamualaikum.....saya pingin bertanya...apakah puasa daud dan sholat daud itu satu kesatuan..apa terpisah....maksud saya...kalo kita berpuasa daud...tapi tidak menjalankan sholat daud....puasa kita tetap sah....? terimakasih...wassalamualaikum

    BalasHapus
  25. Terima kasih pa Haryo, kami tidak mengenal istilah sholat daud, yang kami kenal sholat lima waktu yang diajarkan Rosululloh SAW. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum, sy mau bertanya, sy sedang menjalankan puasa daud -/+ satu minggu, kbtln minggu ini ada jadwal undangan, dan bentrok dngn jadwal puasa sy, apa sy harus mengulang puasa daud atau, boleh saya lanjut dihari berikutnya, trmksh mohon penjelasannnya

      Hapus
  26. Assalamu'alaikum,,
    Ana pernah meminta izin dg ustadzah ana,dia bilang kalau puasa senin-kamis n puasa daud disatukan itu boleh.
    Sekilas ada akhwat dia bilang dg ana tdak bleh,dan memmng tdak bleh.
    Skilas ttg pnjelasannya ia jga bilang kalau puasa daud 40 hari saja trz dilanjutkan lagi.
    Ana bingung,

    Yng bnar puasa daud itu sepanjang tahun bisa atau memiliki batas 40 hari..?

    Syukron...
    Afwan ana msh ingin mengetahui puasa daud,

    Wassalamu'alaikum :-)

    BalasHapus
  27. @Pa Rudi, terima kasih pertanyaannya. Menyatukan puasa daud dan puasa senin kamis menurut logika tidak bisa, karena hari puasa daud akan bentrok dengan hari senin dan kamis, namun dalam prakteknya bila memungkinkan itu syah-syah saja, toh keduanya adalah sunnah. Adapun puasa daud selama 40 hari, tidak kami dapati keterangannya, yang ada pada asal usul puasa daud masa Rosululloh SAW, sahabat Abdulloh bin Amr justru puasa daud hingga masa tuanya. Namun, berkali saya jelaskan bahwa jangka puasa daud tiap orang akan berbeda-beda dan itu syah-syah saja.

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum,,

    klo niat/bacaannya gimana?
    apa seperti puasa di bulan Ramadhan ? tapi hanya diselang seling

    BalasHapus
  29. Assalamu 'alaikum WR WB
    Mohon doanya agar puasa Daud yang saya jalani tetap konsisten, istiqomah dan selalu diridloi oleh Allah SWT..aminnnn....Suyono Tanjungpinang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam. Semoga Allah mudahkan dan limpahkan keberkahan dari langit dan bumi.

      Hapus
    2. Assalamualaikum pak boleh kah saya bertanya klu kita udah terbiasa puasa Daud apakah boleh kita melaksanakan puasa Rajab. Setahu saya klu sudah puasa Daud ga usah mikirin puasa sunah yg lain lagi karna puasa sunah daud adalah puasa sunah yg paling bagus. Apakah itu benar pak mohon pencerahannya pak mksh wassalam

      Hapus
  30. Semoga kita dimudahkan dalam menjalani puasa daud.

    BalasHapus
  31. pak ustad sya mau tanya puasa daud itu jangka waktunya berapa lama, khan ktanya ada yang pendek sedang dan panjang ??truz saya khan wanita gimana kalo saya lg menjalankan puasa daud dan saya halangan. apa saya harus menghitung ulang atau meneruskan. 1 lagi puasa daud tuh 24 jam apa seperti puasa wajib? truz kalo puasa daudnya 15 hari aja gimana boleh gk apa harus sepanjang usia atau 1 th makasih pak ustad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Elvaretta putri. Waktu puasa Daud seperti puasa Ramadhan atau puasa sunnah lainnya dari terbit fajar hingga maghrib. Adapun kaum wanita ada beberapa pengalaman termasuk istri saya sendiri, jadi ketika selesai haid bila ingin memulainya lagi boleh saja atau ingin rehat dahulupun tidak masalah. Jangan sampai dengan puasa sunnah ini jadi mudorot. Sesuaikan dengan kemampuan diri.

      Hapus
    2. oo gtu ya pak, truz emang harus sepanjang tahun atau boleh kalo misalnya cma 40 hari gtu,, hee. saya ingin skali melakukan puasa daut tapi saya takut bila saya tak sanggup menjalankannya sepanjang tahun malah jadi dosa,,,mohon infonya ya pak ustat

      Hapus
    3. Kalau niat puasa Daud cuma 40 hari, syah-syah saja, mau satu hari juga silahkan, atau mau sampai tua juga silahkan, sahabat Abdulloh bin Amr melakukan puasa Daud sampai masa tuanya namun beliau menyesal. Silahkan cari rujukan hadits mengenai yang dialami sahabat Abdulloh bin Amr di blog ini atau di blog yang membahas puasa Daud. Ini puasa sunnah, selang sehari. Yang berdosa apabila puasa setahun tanpa berbuka, tentu saja akan mudorot karena kondisi tubuh memungkinkan akan lemah disamping ketika 2 hari raya dan hari tasriq tidak dibolehkan berpuasa. Terima kasih, semoga manfa'at.

      Hapus
    4. ooo sangat bermanfaat pak. makasih banyak ya,,,

      Hapus
    5. saya ingin menjalankan puasa ini tapi saya masih bingung. apabila hari ini saya berpuasa apakah magrib nanti saya boleh berbuka ataukah keesokkan harinya saya berbuka??

      Hapus
    6. Terima kasih pertanyaannya. Sebagaimana kita berpuasa Romadhon, begitu juga puasa Daud dan puasa sunnah lainnya.

      Hapus
    7. junior hendri wijaya10 Juli 2012 pukul 19.35

      Assalamua'laikum wr wb...
      pak ustadz mo tanya nii ?
      boleh apa ndak memulai puasa daud di bulan sya'ban? :) trm ksh tadz tas jwbanya.. dtunggu :D

      Hapus
  32. bagi teman-teman yang pingin puasa dawud dan sekaligus diniatkan untuk riyadhoh (istilah pesantrennya), saya ada alamat kyai yang bisa memberikan ijazah untuk puasa dawud, beliau KH. Muhsin, beralamat di ponpes al husain, krakitan, muntilan, magelang. dan ijazah diberikan pada hari selasa setelah dzuhur sampai isya', dimana pada hari rabunya pas jadwal puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih informasinya, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Sebelumnya saya meminta maaf yang sebesar-besarnya & semoga dapat berkenan dihati Bapak Abu Ocit dengan pertanyaan saya ini. Karena saya cuma mau menanyakan apakah fungsi dari ijazah puasa Daud tersebut?
      Sebab yang saya tahu kita sebaiknya sedikit bisa memisahkan antara urusan hablum minannas & hablum minallah. Sebab setau saya juga dimana-mana apalagi kalau disekolah itu yang bisa mendapaktan "ijazah" adalah bagi mereka yang sudah lulus / tamat / dapat melalui' dengan sukses (tidak gagal).
      Jadi kesimpulannya walaupun "ijazah fisik" tersebut sudah pasti akan kurang / tidak berguna nantinya di Akherat, tapi setidak-tidaknya secara logika adalah yang bisa mendapatkan ijazah tersebut adalah mereka yang sudah meninggal / setelah kiamat karena telah dinyatakan sukses dalam menjalankan ibadah Puasa Daud.

      Hapus
    3. bukan ijazah seperti ijazah sekolah formal mas, saya juga orang yg ga percaya dengan tawasul tapi kita berprasngka baik aja mas,, Menjalankan Puasa Daud itu memang luar biasa pengalaman spritualnya,sepengalaman saia dan temen2 yg pernah/masih ngejalanin kudu sering baca2/ikut kajian/sharing tertuma ttg kajian takziyatun an nafs.

      Hapus
    4. ya Allah ,berikan aku dan saudara saudaraku hidayah dan hikmah kepahaman tentang puasa daud dan ilmu tentang syariatnya

      Hapus
  33. Sudah lama saya ingin jalani puasa Daud, tapi selama ini masih teganjal informasi terkait metode, dan lain2nya. Namun saya pengen banget memulai puasa lepas puasa sunnah Syawal ba'da idul fitri ini. Dan cari2 informasi ternyata ketemu web ini. Sejujurnya ada begitu banyak pertanyaan dihati, namun baca komen2 dari rekan2 diatas pertanyaan saya terjawab satu persatu. Mohon bantuan doanya agar puasa saya bisa berjalan lancar, karena masih metode belajar

    BalasHapus
  34. mau tanya kalau puasa daud trus lagi datang bulan pas berhenti hari kamis dan niat besoknya mau puasa pada hari jumat dan sabtunya gak puasa, apakah termasuk puasa makruh dihari jumat?

    BalasHapus
  35. Alhamdullah saya sedang mengerjakan puasa Daud.. semoga apa yg saya kerjakan mendapat berkah dari ALLAH SWT.. AMIN

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum ustadz, ada hal yg ingin saya tanyakan. Begini, pada awalnya saya lakukan puasa sehari dan buka sehari, namun krn pola spt itu tidak selalu hr minggu dalam keadaan berbuka sedangkan istri ingin ada ksmpatan rutin bagi keluarga utk makan di luar pd hr minggu, maka saya lakukan puasa daud dgn siklus mingguan yaitu Kamis-Sabtu-Senin-Rabu Kemudian saya ulang pola yg sama pada minggu berikutnya yaitu Kamis-Sabtu-Senin-Rabu. Terus berulang polanya seperti itu setiap minggu Apakah tepat yg saya lakukan? Karena saya berniat bisa tetap menyenangkan istri saya yaitu hari Minggu adalah hari berbuka sebagaimana Rasulullah pun mengingatkan agar hak istri tetap bisa ditunaikan. Selain itu ada keuntungan lain dgn pola yg saya lakukan yaitu hari Jum'at menjadi hari berbuka sebagaimana Rasulullah pun sangat menganjurkan agar tidak berpuasa di hari Jum'at.

    Demikian pertanyaan saya.

    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan menanggapi pertanyaan Adisa 18 Oktober 2012 menurut saya kurang tepat, karna Rasulullah mengatakan puasa Daud adalah ... berpuasa sehari lalu berbuka sehari. {Muslim 3/165}.... dan begitu seterusnya, selain dari hal itu tidak ada...sukron. yusmono.

      Hapus
    2. puasa daud adalah puasa yang dilakukan nabi daud as dan kemudian disyariatkan oleh nabi Muhammad SAW sebagai sunah,kerjakanlah semampunya dan jangan menimbulkan mudhorot,tapi puasa daud tetap ada aturanya,jangan dirubah rubah dan diada adakan ,sesungguhnya aturan puasa daud sederhana saja,
      1 niat
      2 selang seling
      3 tidak pada hari yang diharamkan puasa,(id fitri dan id adha) jum`at boleh
      4 lamanya sekuat kita
      5 dari imsyak sampai magrib
      6 memenuhi wajib dan batalnya puasa
      7 karena allah SWT

      Hapus
    3. Penjelasan yg singkat dan padat serta mudah dipahami. terimakasih

      Hapus
  37. semoga juga bisa menjalankan puasa daud...

    BalasHapus
  38. Untuk pertanyaan rekan-rekan yang belum terjawab, kami mohon maaf. Silahkan mencari rujukan dari blog ini yang biasanya sudah menjawab pertanyaan yang ada atau ke blog konsultasi online ummiega atau ke blog yang membahas tentang Puasa Daud. Insya Allah kedepannya kami akan lebih meningkatkan lagi kinerja kami dengan menyertakan banyak kontributor yang memiliki pengalaman menjalankan Puasa Daud atau puasa sunnah lainnya.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum...
    Ustadz saya berkeinginan puasa Nabi Daud tapi saya masih punya kewajiban puasa Romadlon yang tertinggal. Apakah boleh menggabungkan niat puasa wajib dengan puasa sunnah nabi Daud As? Dan apakah dalam berpuasa qodlo' yang dilaksanakan pada hari-hari berselang (sehari puasa sehari tidak) itu juga mendapatkan faidah/pahala puasa nabi daud As?
    Terimakasih..
    Wassalamualaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pola puasa Daud dengan puasa selang sehari bisa juga diniatkan untuk mengganti Puasa Romadhon.

      Hapus
    2. maaf setau saya niat sunnah dan wajib tdk bisa digabung , klo sunnah dgn sunnah bisa

      Hapus
  40. As Wr Wb

    Ustad sy baru menjalan puasa Nabi Daud dan yg sy lakukan adalah selalu dimulai pd hari senin puasa dimana jatuh sabtu dn minggu tdk puasa apakah dgn hal demikian dpt diperkenan kan baik faidah/pahala puasa nya tks

    Wasalam mualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam, intinya puasa Daud adalah selang sehari, adapun startnya sesuai keinginan kita asal jangan hari yang diharamkan berpuasa.

      Hapus
  41. asslamu'alaikum

    bagaimana hukumnya jika kita memulai puasa daud pada hari jum'at?

    terima kasih..
    wassalaumualaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam. Terima kasih pertanyaannya. Sama-sama diketahui bahwa memang ada hadits yang tidak membolehkan puasa yang mengkhususkan pada hari jum'at. Sedangkan Puasa Daud tidak mengkhususkan puasa pada hari jum'at. Karena bila hari jum'at ini adalah jadwal berpuasa Daud maka jum'at depan tidak akan berpuasa.

      Hapus
    2. assalamualaikum wrwb saya abdee mau nanya bolehkah puasa daud hari minggu, selasa, kamis, sabtu diantara ada senin mengerjaka puasa senen dan kamis puasa daud didobel puasa kamis? trimakasih jawabannya. wassalamualaikum wrwb

      Hapus
  42. Assalamu'alaikum
    Sebelumnya saya melaksanakan puasa sunnah Senin Kamis. Baru-baru ini tertarik melaksanakan amalan puasa sunnah Daud. Yang saya ketahui niat puasa sunnah bisa digabung. Jadi melakukan 1 puasa sunnah dengan 2 niat dan insya Allah mendapatkan 2 pahala puasa sunnah. Yang mau saya tanyakan, bila saat melaksanan puasa sunnah Daud bertepatan dengan hari Senin dan Kamis, bisakah saya menggabungkan niat puasa sunnah Daud dengan puasa sunnah Senin dan Kamis di hari yang sama ?
    Mohon pencerahannya
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari semua uraian yang saya tangkap adalah sebagai contoh jika kita memulai puasa Nabi Daud tersebut pada hari Senin, maka jadwal puasa kita adalah jatuh pada hari: Senin, Rabu, Jum'at, Minggu, Selasa, Kamis, Sabtu, dst.
      Lalu secara logika jika kita Puasa Senin Kamis itu digabung sama puasa Nabi Daud maka akan muncul pertanyaan secara logika sbb;
      1. Misalnya mengambil contoh dari jadwal yang sudah saya sebutkan tadi diatas, maka hari jadwal puasa Nabi Daud tidak bisa ketemu hari Senin dengan Kamis dalam satu minggu.
      2. Apa kiranya masuk akal jika niat puasa dlm tiap harinya/dlm sehari niat puasa senin kamis tapi juga niat puasa lain yang dijadwalkan pada hari yang sama? Sepertinya sangat tidak masuk akal / kurang logis.

      Hapus
  43. assalamualaikum
    saya ingin bertanya, kan ada yang bilang puasa daud boleh bolong saat ada undangan makan. misal pada saat seharusnya hari sabtu puasa, ada undangan hari sabtu jam 3 sore. apakah hari itu kita tetap puasa tapi saat jam 3 tetap makan atau sabtu sebaiknya kita tidak puasa dan minggu puasa atau sabtu tidak puasa tetapi puasa selanjutnya hari senin?
    terimakasih, mohon kejelasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadist yg kuat, berbuka karena menghormati tuan rumah yg melaksankan walimah. tetap dihitung pahala puasa. ya terserah anda, kalo pengalaman saya lanjut hari senin.

      Hapus
  44. apasaja alasan diperbolehkan membatalkan puasa daud?

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum.
    jadi intinya puasa Daud itu dliaksanakan dalam jangka waktu berapa lama?
    lalu apakah boleh niat pasa Daud digabungkan dengan pasa Nazar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah, yang penting tidak berpuasa di hari2 yg diharamkan untuk berpuasa (idul fitri/adha dll)

      Hapus
  46. puasa daut niat gmna
    dan hri apa ja

    BalasHapus
  47. Subhanallah,,
    dulu saya darah tinggi..
    sekarang tensi sudah mulai turun & alhamdulillah sekarang saya juga tidak lagi kecanduan merokok,,
    padahal baru beberapa waktu melaksanakan puasa Daud..
    bener" bermanfaat..

    BalasHapus
  48. aslmkum .. di sini sya ingn menyoal,klau sya puasa sunat hari isnin dan hari khamis .. waktu bila saya harus berpuasa sunat daud ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ga pa2 dijalanin aja dua2 nya. bagus lagi dengan puasa tengah bulan/ saat purnama(tiap tanggal 13,14,15. pasti tiap bulan (bulan hijriah) akan genap 20 hari berpuasa. sebagaimana rasulullah pernah lakukan.

      Hapus
  49. apakah puasa daud itu harus ada gurunya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering2 ikut kajian/ baca buku2 dan banyak2 bedoa minti petunjuk yg lurus dan ke RedhoaNya, cari temen buat sharing pengalaman spritualnya..
      sepengalamn saya dan juga temen2 yg pernah/sedang mengamlkan puasa daud akan dikasih keringanan/kemudahaan menjalankan amalan2 baik wajib, sunah maupun tambahan blm lagi kemudahan dlm urusan dunia dan juga pengalaman spritual yg luar biasa disini harus hati2 jangan sampe ngejalanin amalan yg bathil.

      Hapus
  50. assalamualaikum,,

    Bang, klo berpuasa daud, waktu menjelang ramadhan sampai selesai idul fitri,, kapan kita hentikan puasa sunnah daud,, klo sebelum ramadhan kan harus menghentikannya waktu sudah nifsu sa'ban,, lalu kapan kita ngelanjutkan puasa daudnya lagi?? apakah 1 minggu setelah idul fitri atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya setelah puasa 6 hari di bulan syawal. dan/atau menqodo dulu puasa ramadhan.

      Hapus
  51. Assalamua'alaikum... Mo tnya niat puasa Daud it gmn ya ustad.. Trimakasih.. Jwbnny dtggu..

    BalasHapus
  52. assalamualaikm ustad, mengenai niat yang digabung antara puasa ramadhan yang tertinggal dengan puasa daud apa ada hadistny atau dalil2 yang lain? karena untuk menggabungkan puasa daud dengan puasa sunah seperti senin kamis saja tidak bisa, tapi mengapa jika niat puasa ramadhan yang tertinggal dengan niat puasa daud dapat digabung. terima kasih

    BalasHapus
  53. Assalamu'alaikum, Uztadz...
    Kalau puasa Ramadhan kan wajibnya 30 hari, kalau puasa senin-kamis seminggu kan 2 kali, kalau puasa Syawal kan 6 hari. Bagaimana dengan puasa Daud? Mohon penjelasan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehari puasa sehari enggak. misal, senin puasa, selasa tidak nanti rabu puasa lagi dst.

      Hapus
  54. assalamualaikum
    saya mau tanya bolehkah puasa daud digabung dengan puasa lainnya seperti puasa senin-kamis\puasa syawal
    ??

    BalasHapus
  55. Saya niat berpuasa daud, akan tetapi hanya pada hari senin, rabu dan jumat saja, berulang setiap minggu
    Jadi tidak akan pernah selasa, kamis dan sabtu
    Apakah hal itu masih diperbolehkan?
    Alasan saya,saya masih belum sanggup kalau berpuasa di hari sabtu dan minggu, karena hari itu masih ada pekerjaan yang bersifat menguras fisik.

    Bolehkah hal yang demikian ini karena setiap jumat pasti berpuasa?
    apakah bertentangan dengan larangan berpuasa di hari jumat?

    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  56. ruarrr biasa puasa daud

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum,,,

    Apakah puasa daud bisa juga untuk membayar puasa ramadhan bagi wanita yang berhalangan untuk puasa di bulan ramadhan.......

    Mohon penjelasannya,
    Terimakasih

    BalasHapus
  58. Kawan2 dan admin. Sy sdh berpuasa sejak 2008 samppai romadon kemarin. Tujuannya untuk mendekatkan diri dan kontrol hawa nafsu. Sesudah hari raya sy bimbang mau lanjut lagi. Bayangin setelah baca bahwa puasa nisfu saban hadisnya lemah, begitu juga puasa 6 hari syawal dan silahkan googling puasa senin kamis: hadis perawinya lemah dan mereka pakai dasar kuat. Sy sdh biasa puasa daud tp sekarang masih mencari informasi lagi, smg Allah memberi petunjuk kita semua. Utk admin kalai jawab yg tegas. Puasa daud itu selang seling jadi kalau senin puasa rabu gak bisa ya tetap selanjutnya hari jumat dst. Jgn bilang boleh kamis boleh jumat. Itu juga msh multi tafsir selang selinhnya ikut hari atau ikut halangan berpuasa. Mohon maaf nanti sy komen lg kalo sdh update otak saya. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhmdulillah sy dapat petunjuknya. Setelah saya cari ternyata puasa inilah yg insyaallah tidak diragukan. Sdangkan puasa yg lain coba baca mantankyainu.blogspot.com yg bikin ragu ragu. Semoga kita selalu dapat petunjuknya. Tetap semangat. Trims

      Hapus
    2. banyak banyak baca al fathehah al annas dan istihfar dan solawat mas,setan menyerang kita dengan keraguan keraguan

      Hapus
  59. Assalamualaikum sodaraku..
    maaf, jika yang akan saya tulis ini tidak enak untuk dibaca, tapi sungguh, tidak ada niat buruk dalam hati ini.
    setelah saya baca semua komenan diatas, saya teringat dengan kisah bani israil ketika dusuruh menyembelih sapi betina. mereka terlalu banyak pertanyaan yang sesungguhnya akan menyulitkan diri mereka sendiri dan hampir - hampir mereka tidak menjalankannya.
    saya sungguh khawatir beberapa dari kalian termasuk kaum yang demikian. terlalu banyak pertanyaan yang sesungguhnya akan menyulitkan diri sendiri, padahal haditsnya sudah sangat jelas. masa iya saya baca pertanyaan yang sama terulang hingga lebih dari 5 kali. apa anda tidak mau membaca atau bagaimana???
    coba deh cek!!!
    yang lebih parahnya lagi sepertinya ada yang coba - coba meniru tindakan ahli kitab. merubah apa yang sudah di tentukan untuknya. sudah jelas jelas daud itu pelaksanaannya selang seling, masih saja ditawar. ayat, hadits, atau ibadah apa saja itu bukan untuk di perdagangkan, tidak ada tawar menawar.
    miris sekali saya membaca komenan diatas, banyak sekali pengulangan dan juga tawaran - tawaran untuk mengubah ketentuan.
    jangan khawatir ibadah anda tidak dicatat, Allah Maha Teliti, apalagi puasa, pahalanya langsung Allah yang memberinya. kalo anda khawatir anda salah dalam beribadah, jangan khwatir, selama kesalahan itu karena anda tidak tau, bukan sesuatu yang disengaja, Insya Allah tidak akan di hukum Allah (ada haditsnya). cukup anda selalu beristighfar dan memohon petunjuk dengan segala kerendahan hati, Allah pasti kasih petunjuk, Insya Allah. dan janganlah anda melakukan satu perbuatan tapi minta balasan yang bejibun seperti puasa satu hari tapi maunya dapat pahala dari puasa daud, senin kamis, qodo ramadhan, dan syawal. ini bukan prinsip ekonomi, yang dengan modal sedikit nyari untuk bejibun. bukankah Allah akan melipat gandakan pahala seseorang yang beribadah hanya untuk Allah, tanpa anda meminta.
    belajarlah dari kisah para nabi jaman dulu, bagaimana Allah mengadzab kaum yang tidak menurut pada perintah yang dibawa nabinya. kaum yang banyak permintaan. kaum yang berlebihan, dan lain - lain. semua itu agar kita terhindar dari perbuatan zolim.
    satu lagi yang perlu kita ingat. Allah menyuruh kita beribadah itu semampu kita. anda pasti tau seberapa kalian mampu, jadi lakukan saja selama anda mampu.
    sekian dari saya, maaf, saya tidak bermaksud berceramah, hanya sekedar berbagi.
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju,moga 2 saudara2 kita sadar,insya allah

      Hapus
    2. Alhamdulillah semoga dengan diskusi ini kebaikan yang akan kita peroleh dan bukan keburukan

      Hapus
  60. assalamualaikum wrwb saya abdee mau nanya bolehkah puasa daud hari minggu, selasa, kamis, sabtu diantara ada senin mengerjaka puasa senen dan kamis puasa daud didobel puasa kamis? trimakasih jawabannya. wassalamualaikum wrwb

    BalasHapus
  61. assalamu'alaykum, ustadz.
    mau tanya, selama ini saya uda melakukan puasa daud. kebetulan 3 hari ini (19 s.d.21 sept 2013) tgl 13, 14, 15 qomariyah, yg juga disunnahkan untuk puasa yaumul bith (kla g salah :)
    saya juga ingin puasa sunnah 3 hari ini. apa boleh, sedang saya sudah menjalanakan puasa daud? trus bagaimana dengan puasa daud saya? apa terputus? syukron,,,,

    hatta

    BalasHapus
  62. Rasulullah Muhammad saw bersabda:

    فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ
    فَقُلْتُ : إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ
    فَقَالَ النَّبِيُّ : لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

    “Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal.
    Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata: sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu,
    Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)

    عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
    أَفْضَلُ الصَّوْمِ صَوْمُ أَخِي دَاوُدَ كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

    “Dari Abdullah bin Amru ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Puasa yang paling afdhal adalah puasa saudaraku Daud, beliau sehari berpuasa dan sehari berbuka. ” (HR. Tirmidzi No 701)

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum wrwb

    Yang saya ingin tanyaan, dalam 1 hari puasa daud itu waktunya sehari semalam full 24 jam atau bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
  64. puasa daud adalah puasa yang dilakukan nabi daud as dan kemudian disyariatkan oleh nabi Muhammad SAW sebagai sunah,kerjakanlah semampunya dan jangan menimbulkan mudhorot,tapi puasa daud tetap ada aturanya,jangan dirubah rubah dan diada adakan ,sesungguhnya aturan puasa daud sederhana saja,
    1 niat
    2 selang seling
    3 tidak pada hari yang diharamkan puasa,(id fitri dan id adha) jum`at boleh
    4 lamanya sekuat kita
    5 dari imsyak sampai magrib
    6 memenuhi wajib dan batalnya puasa
    7 karena allah SWT

    BalasHapus
  65. assalamualaikum wr.wb
    saya tadi malah mendapatkan nasihat oleh mama angkat saya, beliau berkata 'sebaiknya puasa senin dan kamis saja terlebih dahulu, takutnya kamu enggak bisa menjalankan puasa daud dengan benar' nah di situ saya berpikir selama hampir 2minggu saya berpuasa ini apa ada yang salah? toh saya sudah menganggap bahwa puasa nabi daud ini sperti puasa sunnah lainnya. Mohon dijawab. saya membutuhkNan jawaban di blog ini. :)
    Wasslamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  66. Terima kasih untuk semua pertanyaan. Sebetulnya untuk puasa sunnah Senin Kamis dan puasa sunnah nabi Daud sudah jelas rujukannya. Slahkan sebelum menulis komentar terlebih dahulu membaca komen-komen yang sudah ada. Mohon dimaklumi bahwa kita usahakan untuk memberi pencerahan dan kemudahan. Sekali lagi, terima kasih dan mohon maaf bila ada kekeliruan.

    BalasHapus
  67. Assalammualaikum wr. wb
    saya mau bertanya, apakah puasa nabi daud bisa dilakukan sekaligus untuk membayar hutang puasa ramadhan
    wassalamualaikum wr. wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam. Puasa Daud bisa juga dilakukan dengan niat untuk membayar hutang puasa romadhon. Pola puasa Daud ini tentu lebih ringan dibanding bila kita mengganti puasa Romadhon dalam hari yang berurutan.

      Hapus
  68. Assalaamu'alaykum wrwb, para pejuang puasa Daud yang saya hormati, saya sudah baca dari awal sampe akhir tapi saya belum menemukan jawaban dari apa yang ingin saya tanyakan, saya pemula dan sedang belajar memulai puasa Daud, jika kita memulai puasa Daud dihari Rabu, lalu hari kamisnya lanjut puasa sunnah, jumatnya tidak puasa, lalu sabtunya puasa Daud, minggu tidak, seninnya puasa sunnah, selasa tidak, rabunya puasa daud, kamisnya puasa sunnah, jumat tidak, dst apakah pola ini diperbolehkan, mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  69. Alaikum salam. Pertanyaan sdh dijawab oleh saudara Telaga Mas http://majelispuasadaud.blogspot.com/2011/01/cara-puasa-daud-sesuai-petunjuk.html?showComment=1358824076876#c5069129501761444750

    Disini http://majelispuasadaud.blogspot.com/2011/01/cara-puasa-daud-sesuai-petunjuk.html?showComment=1360006847715#c7099432966418422931

    Disini http://majelispuasadaud.blogspot.com/2011/01/cara-puasa-daud-sesuai-petunjuk.html?showComment=1381559633101#c1509327621055933746

    BalasHapus
  70. assalamu alaikum wr .wb
    boleh ga jika seseorang ber puasa daud selama lamanya bahkan sampai ia meninggal dunia ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam. Boleh berpuasa Daud hingga akhir hayat dan ini merupakan penghormatan yang luar biasa bila saat meninggal dalam kondisi berpuasa Daud. Disitu ada pintu Ar Rayyan siap dimasuki.

      Hapus
  71. Mas Admin, mau tanya.
    Kalau saya mengerjakan puasa senin kamis, kemudian di hari selasanya saya mengerjakan puasa nabi daud, hari rabu saya tidak berpuasa, yang ingin saya tanyakan pada hari kamisnya saya niatkan mengerjakan puasa senin kamis apa puasa nabi daud?
    kalau saya niatkan hari kamisnya puasa senin kamis, berarti puasa nabi daudnya hari jum'at, bolehkah begitu, setahu saya puasa nabi daud cuma selang satu hari

    bisa di jelaskan min...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Novandi. Sebelum saya mulai berpuasa Daud di tahun 2003, saya berpuasa Senin Kamis. Sekiranya bisa dilakukan puasa Daud dan puasa Senin Kamis secara bersamaan, maka Insya Allah sudah saya lakukan. Jadi, kita usahakan untuk mengingat redaksi dari asal usul puasa Daud ini. Mksh.

      Hapus
  72. Ass. Wr. Wb.

    Pak ust saya mo nanya klo kita puasa Daud hanya 3 hari saja, yaitu selasa kamis sabtu boleh gk pak?

    Thx atas jwbannya sya tunggu
    Wass. Wr. Wb.

    BalasHapus
  73. Alaikum salam. Pak Faris, bila sudah berniat puasa Daud dan ternyata hanya mampu 3 hari, itu syah saja.

    BalasHapus
  74. apakah puasa daud itu ada batasan minimalnya?saya pernah dengar ada yang mengatakan batas minimal itu 41 hari.betul atau tidak?

    BalasHapus
  75. assalamualaikum.
    alhamdulillah saya menemukan blog ini dan komen2 yang ada sangat membantu saya memahami konsep puasa daud.
    pak admin saya mau tanya. saya saat ini sedang mencoba melakukan puasa daud niatnya selain ibadah juga untuk menghemat uang jajan karna saya tidak tinggal dgn ortu. ortu tidak melarang hanya mereka minta jika saya sedang pulang kerumah ortu saya tidak berpuasa. karena katanya ortu ingin memberikan anaknya makanan enak saat anaknya pulang. setelah saya kembali saya boleh melanjutkan puasa lagi.
    yang jadi pertanyaan saya apakah hal seperti itu mungkin saya lakukan?

    BalasHapus
  76. Alaikum salam. Terima kasih pertanyaannya. Karena pertanyaan anda menyangkut hal teknis, maka tentu saja tiap individu akan berbeda menyikapi kasus seperti yg anda alami. Anda bisa ketika sedang jadwal puasa Daud karena ingin menyenangkan hati orang tua, membatalkan puasa Daud tsb lalu melanjutkannya kembali atau anda bisa menerangkan dg santun kepada orang tua anda bahwa tidak perlu menghawatirkan kondisi anda yg sedang berpuasa.

    BalasHapus
  77. pak ustadz saya mau tanya, hari apakah menurut syari'at yg baik untuk memulai puasa daud?
    terimakasih

    BalasHapus
  78. Pak, saya ingin bertanya Puasa Daud kenapa disebut puasa paling bagus dimata Allah ya?

    BalasHapus
  79. Assalanu'alaikum wr. Wb. Kalau Puasa Daud dibandingkan dengan puasa mutih bagus mana pak Ustadz?

    BalasHapus
  80. pak ustadz saya mau tanya kalau puasa daud ada yang bilang puasanya 24 jam ktanya sehari berpuasa sehari berbuka pada esoknya yang ktanya klau sahurnya jam 3 malam maka berbukanya keesokan harinya jam 3 malam juga teyapi sebagian ada yang berpndapat seperti puasa biasa bulan ramadhan ,yang benar bagaimana mohon pnjelasanya?

    BalasHapus
  81. puasa nya sama kayak puasa romadhon terbit fajar/adzan subuh sampe adzan magrib, dan selang seling hari ini puasa besok ngga begitu setrusnya...klo 24 jam wah sy baru tahu..itu aliran mana?

    BalasHapus
  82. puasa nya sama kayak puasa romadhon terbit fajar/adzan subuh sampe adzan magrib, dan selang seling hari ini puasa besok ngga begitu setrusnya...klo 24 jam wah sy baru tahu..itu aliran mana?

    BalasHapus
  83. Assalamualaikum wr. Wb..
    Saya ingin bertanya.. berarti puasa daud dilaksanakan seperti puasa yg lain.. setelah subuh hingga maghrib.. dan harinya pun selang seling.. apabila dimulai dr hr senin maka hr berpuasa yaitu senin, rabu, jumat, minggu, selasa, kamis, sabtu, dan kembali ke senin dan seterusnya.. dan niatan berpuasa dengan dalam hati dan bisa juga dengan dilafadzkan.. serta melakukan sunnah daud ini tidak bergantung berapa hari melakukannya.. entah 40 hrkah atau setahunkah.. asalkan semua dngn niat lillahi ta'ala.. bener apa tidak pak.. maaf sebelumnya kalau.ada salah penafsiran.. :)

    BalasHapus
  84. Assalamualaikum.. Saya mau tanya.. Saya sudah menjalankan amalan puasa taubat selama dua hari.. Dan hari ketiga saya tidak puasa..apakah harus ulang dari pertama ?

    BalasHapus
  85. Assalamualaikum
    Mau tanya neh kalo saya mau mulai puasa daud di bulan shawal trus nanti kan kita bertemu lebaran haji dan 3 hari tasrik trus apakah kita lanjut trus puasanya atao berhenti dlu nanti setelah selese hari tasrik dilanjutkan,,
    Mohon bimbingannya sangat saya tunggu jawabanya

    BalasHapus
  86. Assalamualaikum
    Apakah puasa daud ini harus dilaksanakan seumur hidup? Apa tidak boleh dilaksanakannya hanya 1 bulan, atau 1 tahun saja?
    Wasalamu'alaikum

    BalasHapus
  87. As.wr.wb.
    Mohon maaf ikut nimbrung, kalau saya salah mohon dikoreksi Kita semua dalam mengkaji dan menafsirkan hadist atau alqur'an harus benar benar kita kaji secara mendalam, di dalam keseharian amalan shaum ada beberapa tipe amalan shaum yang sering kita yaitu : amalan shaum sesuai ajaran Rasul Senin Kamis dan shaum wajib Ramadhan dimana tata caranya dicontohkan oleh rasullulah shaum dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari artinya kita melaksanakan shaum selama 12 jam dan tidak shaum 12 jam sungguh sesuatu keseimbangan pola makan yang secara sunatulloh sangat sempurna
    Namun ada Rasulullah bersabda shaum yang paling afdhol adalah shaumnya nabi Daud As. Hal ini jelas berbeda sekali dengan shaum yang lain yang diajarkan rasulullah, tetapi harus difahami secara harfiah secara mendetail setiap hadish shohih mengenai shaum nabi Daud agar tidak salah mengartikan. Harus di ingat bahwa dalam sesuai hadist shaum nabi daud dilaksanakan sehari shaum sehari tidak jadi selang sehari , perlu dicermati sehari adalah 24 jam, jadi shaum dilaksanakan 24 jam baru buka hari berikutnya sebagai contoh :
    kita sahur jam 4.00 subuh di hari senin maka buka nya jam 4.00 subuh di hari selasa bukan jam 18.00 magrib di hari senin karena hitungannya baru 12 jam (setengah hari)
    jadi Shaum nabi daud dikatakan lebih afdhol karena pencernaan akan beristirahat total selama 24 jam lalu beraktiftas kembali 24 jam berikutnya.ada sebagaian dengan demikian semua organ pencernaan akan beristirahat total dengan baik dan sempurna. cuman bagi yang tidak mampu sebaiknya melaksanakan shaum sunah senin kamis aja. demikian trim's wasalam.

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. assalamualaikum wr wr....

    mohon dibantu sedikit kegundahan saya bapak dan para sahabat lain nya...mengenai puasa daud yang saya jalani sudah hampir 2 tahun ini saya jalani, namum 3 bulan belakangan saya jalani dihari senin, rabu, dan jumat...kemudian saya mulai lagi dari hari senin, rabu dan jumat...

    pada hari minggu saya seharusnya berpuasa, namun ada alasan mengapa tidak saya jadwalkan berpuasa daud, alasan nya kebanyakan di hari minggu banyak teman, saudara dan bahkan rekan kerja yang mengundang untuk acara wedding, khitanan dan arisan..setahu saya dalam agama islam wajib hukum nya ketika kita diundang wajib datang dan memakan jamuan yang sudah disediakan...


    mohon bimbingan dan ilmu nya mengenai kegalauan saya ini...maturnuwun


    BalasHapus
  90. Ass wr.wb
    Sbnernya klo misalnya kamis puasa sabtu puasa tapi senin tdk puasa pdhal snin hrus puasa itu blh atau tdk? Jdi puasa daudnya hanya 2 kli sja ap blh?

    BalasHapus
  91. Sudah 3bulan puasa daud.. Smoga bisa istiqomah

    BalasHapus
  92. Sudah 3bulan puasa daud.. Smoga bisa istiqomah

    BalasHapus
  93. bagaimana hukumnya jika puaaa daud hanya dikerjakan selama 3 hari saja, yaitu hari senin, rabu, dan jumat. setelah itu berhenti puasa pada hari minggu. dan puasa lagi pada hari senin, rabu, jumat. dan berhenti lagi pada hari minggu dan begitu seterusnya?

    BalasHapus
  94. Assalamualaikum... saya lukhy dan saya sudah berpuasa dawud kurang lebih sekitar 3 bulan. tetapi puasa yang sajalankan adalah pada hari selasa dan seterusnya sesuai dengan jadwal selang seling ya. tetapi pada hari senin saya tidak puasa. jadi saya tetap mulai di hari selasa. apakah seperti itu boleh ya min? karena mengingat dalil dalil yang menjadi rujukan puasa dawud tidak mewajibkan kita untuk berpuasa dawud selama berapa hari tanpat putus. saya masih merasa selama jumlah itu genap ( puasa 1 hari dan 1 hari lagi tidak berpuasa) saya menggap itu sudah berpuasa dawud.

    BalasHapus
  95. Saya baru bermula satu hari puasa daud.
    Doakan agar saya dapat istiqomah sepanjang hayat.. Insha Allah.
    Terima kasih admin atas pencerahan yg sungguh jelas.

    BalasHapus
  96. Saya baru bermula satu hari puasa daud.
    Doakan agar saya dapat istiqomah sepanjang hayat.. Insha Allah.
    Terima kasih admin atas pencerahan yg sungguh jelas.

    BalasHapus
  97. alhamdulillah. sukron.insya Allah berkah

    BalasHapus
  98. Saya mau melaksanakan puasa daud tp sy msh punya hutang puasa ramadhan,blhkah klo sy mengerjakan puasa daudny cm 1 bln atw 2 bln saja ???itupn kepotong haid???mksh.....

    BalasHapus
  99. Ustadz, gmna klo dalam puasa daud itu ada yg bolong satu hari, bboleh kah atau gmna?
    Seumpama kyak gini, senin puasa daud selasanya kn enggk puasa daud terus rabu itu kan jatahnya puasandaud tapi diri ini enggk puasa. Itu gmna ustadz?. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  100. as'salamualaikum wr wb
    saya mau tanya pak.. bila saya puasa daud kmudian kbetulan hari minggu. lalu hari seninnya saya puasa senin kamis. diperbolehkan kah?? kalau boleh lalu saya nyambung puasa daudx hari selasah kah?? kan sbelumx saya puasa daud hari minggunya. kalau boleh brarti saya puasa 3 hari berturut-turut. minggu senin selasa. tolong jawabanx pak. wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  101. Asslamu'alikum wr.wb.
    Mohon do'anya, soalnya saya ini juga menjalankan puasa daud, agar pikiran dan tingkah laku saya yang menurut saya itu buruk, lama kelamaan bisa hilang, terimakasih semuanya
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  102. Assalamu'alaikum. Saya mau tanya ustadz, apabila menjalankannya puasa Daud dimulai dari hari jum'at tgl 6 Mei, lalu diseling hari Sabtu tidak puasa dan minggunya lanjut puasa. Tetapi pas hari senin smpe Kamis itu ada Ujian Nasional, nah apakah lebih baik puasanya ditunda dulu Krn utk meringankan otak utk berfikir. Atau kah lanjut saja puasanya? Krn guru saya ada yg menyarankan jika sedang ujian lebih baik jangan puasa dulu,karena otak sedang bekerja keras jadi butuh lebih bnyk asupan. Mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  103. 1. boleh mengabungkan niat dalam satu amalan..
    misal, berpuasa hari ini...
    maka niatnya boleh dawud, senin, dan sya'ban..

    2. jika puasa dawud hari senin batal, maka ia tak perlu mengulangnya hari selasa. karena,
    .. asalnya ia telah berpuasa hari ini, tapi batal, maka ia kembali ke siklusnya pada hari rabu
    ... p. dawud adalah sunnah, tdk seperti puasa wajib, yang jika hari ini batal, manka garus diqada"..
    ... tdk ada dalil yang khusus menjelaskan itu.

    3. bagi yang telah berazm untuk berpuasa dawud, maka itu telah cukup baginya. tidak perlu membebani diri utuk berpuasa senin kamis... kecuali jika tiba siklusnya pas, maka boleh menggabungkan niat

    4. jika ada halangan pada hari ahad, maka boleh 3 kali sepekan, sbagaimana pebanya diatas.

    5. pasal puasa taubat, tdk ada dalil yang menjelaskan adanya puasa ini..
    dan tdk ada dzikir2 khusus/ tertentu pada puasa..

    jika berpuasa karena dahulu berdosa dan janji akan berpuasa mudah mudahan PD, maka ini adalah
    Puasa nazar, dan ia wajib

    dan secara umum, ketika berpuasa dianjurjan banyak berdzikir, beramal, ibadah...
    dan puasa juga dapat menghapuskan dosa.

    BalasHapus
  104. Assalamu'alaikum, saya ingin tahu apakah poin no. 4 bisa saya lakukan sepanjang tahun (menjadi kebiasaan sehari2)? Terima kasih kami tunggu jawabannya

    BalasHapus
  105. Assalamu Alaikum, mohon penjelasan ustadz ana mengawali puasa daud hari senin jadinya senin,rabu,jumat,minggu dst. nah yg ingin saya tanyakan jika saya atur senin puasa, rabu puasa, kamis puasa, sabtu puasa, senin puasa dst. kenapa saya puasa kamis untuk mengamalkan bahwa puasa (senin dan kamis) dan hari di mana amalan dilaporkan. apakah boleh saya atur demikian dengan harapan daudnya dapat, senin kamisnya dapat. mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  106. ataukah apakah saya harus amalkan dua - duanya senin,rabu,kamis,jumat,minggu, senin,selasa,kamis,sabtu,senin lagi .... kalau begini jadinya tidak selang seling ustadz, tapi asumsi saya daud dapat, senin kamisnya juga dapat. mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  107. Afwan menurut ustadz yang manakah di antara dua cara di atas yang saya ingin lakukan : yang afdhal dan benar ? Jazakallah khoiran katshiron.

    BalasHapus
  108. Bimillâh wal hamdu lillâh. Puasa dawud dan puasa Senin-Kamis merupakan puasa sunah yang disyariatkan sesuai hadis Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda:

    أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
    “Puasa yang paling utama adalah puasa Dawud as. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa pada hari (berikutnya).” (HR. An-Nasa’i)

    Begitu pula dengan puasa senin dan kamis, Rasulullah SAW. bersabda ketika ditanya tentang puasa di hari Senin: “(Senin) adalah hari dimana aku dilahirkan dan hari dimana aku diutus” (HR. Muslim). Dalam hadis lain beliau juga bersabda: “Sesungguhnya amal perbuatan diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis” (HR. Tirmidzi).

    Kemudian terkait dengan pertanyaan anda, dengan melaksanakan puasa Dawud pada hari Ahad semisal, mestinya dengan meninjau tata caranya, keesokan harinya tidak perlu berpuasa kendati bertepatan pada Senin? Para ulama berbeda pendapat menyikapi hal ini. Pertama, tetap disunahkan sebab meninjau dalil tentang kekhususan puasa hari Senin atau Kamis. Pendapat ini sebagaimana disampaikan oleh al-Imam Ar-Ramli dalam salah satu fatwanya. Kedua, sebagaimana dijelaskan oleh al-Imam Qalyubi dan lainnya, bahwa justeru yang lebih utama tidak berpuasa untuk menjaga dan menyempurnakan (tata cara) puasa Dawud yang tengah dilakukan sebelumnya.

    Mohon pencerahan dari jawaban diatas?

    BalasHapus
  109. Bagaiaba jika sehari sebelum hari tasyrik kita berpuasa daud dan slama hari tasyrik kita tdk berpuasa..maka kpn kita berpuasa daud lg? Besoknya stlh slesai tasrik ato bsk lusanya? Trm ksh... :)

    BalasHapus
  110. Bagaiaba jika sehari sebelum hari tasyrik kita berpuasa daud dan slama hari tasyrik kita tdk berpuasa..maka kpn kita berpuasa daud lg? Besoknya stlh slesai tasrik ato bsk lusanya? Trm ksh... :)

    BalasHapus
  111. Assalamualaikum...

    Mohon kiranya ada yang dapat memberikan jawaban atas ketidaktahuan saya berikut ini...

    SAya sudah menjalankan puasa daud selama hampir 2 bulan... dan saya sudah mulai mencintai ibadah sunnah ini...

    Pertanyaan saya..
    Ketika saatnya tiba puasa arafah, perlukah saya hentikan dulu puasa daud saya agar dapat berpuasa sunnah arafah?
    Atau saya cukup istiqomah dengan puasa daud saja?

    Atas jawabanya terimakasih,

    BalasHapus
  112. Assalamu'allaikum. Saya mau tanya. Saya kan puasa daud hari senin rabu jum'at. Kemudian berhenti, nah saya pengen puasa daud lagi tetapi siklusnya sama senin rabu jum'at. Apakah noleh seperti itu?

    BalasHapus
  113. Assalamualaikum ustad saya mau tanya saya sedang menjalani puasa daud,, tapi saya masih rada bingung dengan niat buka puasanya,, apakah niat buka puasanya sama seperti niat" buka puasa sunnah yg lain??? Terima kasih

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum ustad saya mau tanya saya sedang menjalani puasa daud,, tapi saya masih rada bingung dengan niat buka puasanya,, apakah niat buka puasanya sama seperti niat" buka puasa sunnah yg lain??? Terima kasih

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  116. Apakah melakukan puasa daud sama halnya melakukan puasa ramadhan
    Waktunya sebelum subuh sahur
    Dan buka sesudah magrib apaka benar

    BalasHapus
  117. Ass..
    apakah boleh seorang wanita puasa daud? kan pastinya wanita mengalami menstruasi

    BalasHapus
  118. Assalamu'allaikum Wr. Wb,
    Saya mau bertanya apa diperbolehkan berpuasa ala Nabi Daud AS karena selain mendapatkan ridho dari Allah tetapi juga untuk menghemat uang,kebetulan saya ini anak kost ....

    BalasHapus
  119. Assalamualaimum. Wr.wb

    Barusan saya baca kalau puasa nabi dawud dapat meningkatkan kecerdasan orang yang menjalankannya karena ridha allah, jadi saya ingin mencoba. Nah saya berasumsi, ketika saya berpuasa pada senin hari, selasa tidak, rabu puasa, kamis tidak, jum'at puasa, sabtu tidak, minggu puasa, senin tidak. Nah, setahu saya yang gak ngerti soal agama ini mas, minggu itu diharamkan untuk puasa. jadi mas, untuk hitungan hari puasa sunnah dawud yang benar itu gimana yah mas, hehehe ???

    Terima kasih
    Fisabilillah fastabiqqul khairat
    Assalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ikut balas mas. Setau saya yang diharamkan puasa hanya 5 hari. Hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan 3 hari tasyrik setelah idul adha.

      Hapus
  120. Saya mau tanya puasa daud itu boleh nggak jika dilakukan hanya seminggu atau diseling dengan puasa senin kamis, misalnya seninnya puasa senin kamis selasanya puasa daud rabunya tidak puasa kamisnya puasa senin kamis?

    BalasHapus
  121. Assalammualaikum, mohon penjelasannya tentang puasa Daud yg bertepatan dengan puasa sunah Senin Kamis serta bertepatan jga dgn bulan Rajab, mungkin kah seluruh puasa sunah tersebut dpt dilakukan sekaligus? Sya pengen mengerjakannya tpi takut Sya melakukannya tanpa dasar dan ilmu.

    BalasHapus
  122. Assalammualaikum.minta tolong penjelasannya.saya baru mulai menjalankan puasa daud,besok rabu 24mei saya puasa lg,kmis tdk.jumat puasa lg sprti itu shrsny tapii yg sy bingung jika tdk salah insya Allah kita akan mulai puasa ramadhan hri sabtu.yg jdi prtnyaan apkh sy jumat itu tetp puasa daud atau tidak?dan stlh itu brhenti tuk puasa ramadhan dan mlnjutkn kmbli lg stlh idul fitri??mohon tanggpn pnjlsnny krn sy sgt kurang ilmu.trmksh

    BalasHapus
  123. Assalamualaikum.wr.wb
    Saya sudah masuk 2 thn ini puasa daud. Tapi tahun kemaren ada bolong 4 hari. Apakah saya harus menggantinya? Dan apabila saya menggantinya di sela sela hari yang pas nggak puasa apa boleh?? Mohon penjelasannya. Syukron

    BalasHapus
  124. Assalamualaikum wr wb saya mau tanya apabila seseorang itu jarang melakukan puasa senin kamis apa boleh seseorang tersebut boleh melakukan puasa daud? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
  125. Assalamualaikum,

    Dari diskusi yang saya baca diatas berarti jangka waktu puasa daud bisa bervariasi yaitu jangka pendek, menengah dan panjang. Nah, kategori jangka pendek, menengah dan panjang itu apakah bebas sesuai kemapuan kita atau ada aturan khusus? Misalnya jangka pendek itu harus sebulan dsb atau apakah bebas menurut pelaku puasa daud? Terima kasih.

    Wassalam.

    BalasHapus
  126. mas, bagaimana kalau saya memulai puasanya hari jum'at? apakah boleh?

    BalasHapus
  127. Kalau seandainya kiita puasa terus kebagian nya itu hari jumat kita tetep lanjutin atau enggak min? Soalnya istri nabi dlu puasa jumat terus pas di tanya sebelum dan sesudahnya puasa gak beliau jawab enggak. Trs langsung di suruh di batalin kan ya. Sementara kalo puasa daud itu kan selang seling nnah gimana tuh???

    BalasHapus
  128. Assalamualaikum
    Maaf ustadz apabila kita mempunyai hutang puasa ramadan wajibkah kita membayar nya terlebih dahulu sebelum melaksanakan puasa daud atau membayarnya bersamaan saat puasa daud

    BalasHapus
  129. Bagaimana cara mengakiri puasa daud
    ?? Mohon di jawab

    BalasHapus