Jumat, 24 Juni 2011

Ayat Al Quran Tentang Puasa Daud

Saya mau nanya emang ada di AL QUR'AN yang menerangkan puasa daud, saya mau tanya ayat berapa?

Jawaban : Tidak ada dalam Al-Qur'an perintah untuk menjalankan puasa Daud, kalaupun ada adalah puasa Ramadhan pada surat Al Baqarah 183. Coba cermati juga bahwa tidak ada perintah untuk melaksanakan sholat magrib, isya, duhur dalam Al Qur'an. Kalaupun ada perintah sholat saja. Adapun perintah sholat lima waktu cara dan waktunya diterangkan lengkap dalam hadits-hadits yang mashur. Demikian juga anjuran berpuasa Daud oleh Rosululloh SAW tentunya ada dalam hadits-hadits yang mashur.

4 komentar:

  1. salam kenal, saya sangat kagum dengan kesediaan saudara membangun blog yang sangat bermanfaat ini, terus terang saya sudah membaca sebagian besar isi blog ini. terima kasih.
    namun ketika membaca postingan ini, mungkin ada yang perlu saya luruskan mengenai perintah shalat lima waktu. sebenarnya Al-Qur'an secara implisit menyebutkan waktu-waktu shalat tersebut, seperti yang tercantum dalam surat Al-Isra ayat 78 berikut ini:
    Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[865]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
    [865]. Ayat ini menerangkan waktu-waktu shalat yang lima. Tergelincir matahari untuk waktu shalat Zhuhur dan Ashar, gelap malam untuk waktu Magrib dan Isya.


    mudah2an komentar ini menjadi wahana saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran

    salam,
    amsi

    BalasHapus
  2. @amsi, terima kasih. Informasinya sangat bermanfaat. Dalam postingan ini saya tidak menulis sholat subuh karena dalam Al Qur'an ada perintahnya seperti yang anda tulis. Adapun secara lengkap waktu sholat lima waktu akan kita jumpai dalam hadits. Dalam Al Qur'an, ada tapi masih global dan itu perlu penjelasnya yaitu Al Hadits. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. saya ada penyempitan pada pembuluh koroner jantung saya, dokter saya yang nonmoslim menyarankan untuk mengurangi makan siang kalo bisa ya puasa. Nah saya coba jalan puasa daud, sudah jalan 4 bulan Alhamdulillah saya tidak dianjurkan untuk pasang cincin asal mampu berlapar2 sehari dan makan sehari, saya rasakan ada baik dari sebelum saya lakukan hal ini

    BalasHapus
  4. Semoga Allah memberi kesembuhan pada penyakit anda.

    BalasHapus