Senin, 10 Oktober 2011

Keutamaan Puasa Nabi Daud

Keutamaan atau khasiat, fadilah, manfaat Puasa Daud berdasarkan hadits mashur sudah saya posting di Kehebatan Puasa Daud Menurut Rosululloh SAW, pertanyaannya adalah apakah benar yang Rosululloh nyatakan tersebut akan kita dapatkan juga apabila berpuasa Daud?

Untuk motivasi diri saya pribadi dan rekan-rekan baik yang akan berpuasa Daud ataupun yang sedang berpuasa Daud ataupun saat ini sedang berhenti atau rehat dahulu puasa Daudnya, saya nyatakan bahwa benar! yang Rosululloh SAW nyatakan tersebut.

Di tahun ke 2 saya berpuasa Daud, saya mulai mensosialisasikan puasa Daud ini secara terbuka.Dan tentunya ada banyak resiko yang saya hadapi. Dan alhamdulillah, Allah SWT selalu melindungi saya. Bahkan memasuki tahun ke 6 dan seterusnya, tantangan semakin lebih besar, namun sekali lagi... alhamdulillah, Allah jua penolong kita. Kita tidak memiliki secuilpun kekuatan. Allah yang Maha Gagah Perkasa.

Adapun manfaat atau keutamaan Puasa Daud yang berhubungan dengan kesehatan sudah saya posting di Pengalaman Puasa Daud.

Tidak ada kata-kata yang mampu saya rangkai, kecuali Alhamdulillah, Allah sembuhkan beberapa penyakit yang saya derita. Benarlah yang Rosululloh SAW nyatakan dalam hadits, "Berpuasalah kalian maka kalian(akan)sehat." (HR. Thabrani).

8 komentar:

  1. asslakam ane mau tanya maksud dr hadist ini : ”Sholat yang paling disukai Allah adalah sholat Daud dan puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Daud. Dia (Daud) tidur seperdua malam, bangun di sepertiganya, tidur lagi di seperenamnya dan berpuasa sehari serta berbuka sehari.” (HR. Bukhori)

    tidur seperdua malam jam brapa?
    sepertiga malam jam brapa?
    sperenam jam brapa?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh..
    Mau nanya ya akhy/ukhty...
    Sebetulnya kita yg di sebut umatnya Nabi Muhammad ini apakah dilarang atau tidak di anjurkan melakukan puasa daud ya?
    Td sy tnya ma tmen mlh dia tnya blik, sy ini umat Nabi Muhammad atau Nabi Daud bgtu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam. Terima kasih pertanyaannya dan jawaban sudah diposting tentang hadits puasa Daud untuk menghindari salah persepsi seperti ini. Mohon maaf bila ada kekurangan.

      Hapus
    2. عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عْمِرو قَالَ قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
      اِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى الله صِيَامُ دَاوُدَ كَانَ يَنَامُ نِصْفُ اللَّيْلِ
      وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

      Dari Abdullah bin Amru r.a. katanya :
      Rasulullah s.a.w. bersabda :
      "Sesungguhnya puasa yang lebih disukai Allah ialah puasa Nabi Daud a.s.
      dan sembahyang yang lebih dikasihi Allah ialah sembahyang Nabi Daud a.s.
      Dia tidur setengah malam, sembahyang sepertiga malam dan tidur lagi
      sperenam malam . Dia puasa sehari dan berbuka sehari.

      Hadis sahih riwayat Muslim.

      Hapus
    3. Ada beberapa hadits sohih yang menjelaskan tentang cara puasa Daud. Diantaranya adalah Shahih Bukhari, 1841 :

      Telah menceritakan kepada kami ['Amru bin 'Ali] telah mengabarkan kepada kami [Abu 'Ashim] dari [Abu Juraij] aku mendengar ['Atho'] bahwa [Abu Al 'Abbas Asy-Sya'ir] mengabarkan kepadanya bahwa dia mendengar ['Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhuma] (berkata,); Telah sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berita tentang aku bahwa aku akan terus berpuasa dan shalat malam. Aku tak ingat lagi, apakah kemudian beliau mengutus utusan atau aku menemui beliau, dan Beliau berkata: "Apakah benar kabar bahwa kamu akan berpuasa tidak akan berbuka dan shalat malam (tanpa tidur)? Puasa dan berbukalah, shalat dan juga tidurlah. Karena bagi matamu ada bagian hak atasmu dan bagi dirimu dan keluargamu ada bagian hak atasmu". 'Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhuma berkata: "Sungguh aku lebih kuat dari (amal amal) itu". Beliau berkata: "Kalau begitu puasalah dengan puasanya Nabi Daud Alaihissalam". Dia bertanya: "Bagaimana caranya". Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menawab: "Nabi Daud 'Alaihissalam berpuasa sehari dan berbuka sehari.

      Tmen nya gmeblung tu' dy msh harus banyak blajar lg, dya ga tw kalau Rasulullah prnah mngajurkan umat nya untuk brpuasa sprti Nabi Daud (apabila sanggup) d samping puasa Sunnah Senin-Kamis.

      Hapus
  3. Ass.WW.

    Saya, seorang ibu dengan 3 putera, pekerjaan PNS, tahun 2009 saya melaksanakan puasa Daud dengan niat mendapat ridho Alloh saja. namun dengan puasa Daud kok malah Alloh SWT memberikan cobaan luar biasa dengan dipanggilNya suami saya ke haribaanNya pada tahun 2010, padahal saya masih memiliki putra2 yang masih kecil-kecil. Sekarang saya ingin melaksanakan puasa Daud lagi,namun takut/trauma kalau nantinya justru saya mendapat musibah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang ibu alami, saya pribadi mengalaminya walau dalam bentuk ujian bukan seperti yang ibu alami. Tapi percayalah, ada sesuatu yang Allah berikan kepada kita yang jauh lebih baik bila kita terima itu dengan ikhlas.

      Hapus
    2. Setan menggoda dengan cara membuat kita ragu dan tidak yakin. Kita selalu berserah diri dan yakin dengan pertolongan Allah, dan Insya Allah, allah akan menggangkat derajat kita lebih tinggi.

      Hapus