Jumat, 15 Juni 2012

Ujian Mulai Puasa Daud Dan Puasa Sunnah

Ingin mulai puasa sunnah entah puasa Daud, puasa senin-kamis atau yang lainnya. Banyak kasus yang terjadi adalah sangat sulit walaupun niat sudah kuat. Ada saja ujian atau alasan yang membatalkan puasa sunnah tersebut. Entah alasan itu memang logis atau tidak. Namun yang perlu diingat bahwa sebesar apapun niat kita ingin berpuasa sunnah, bila Allah belum izin maka akan sulit. Jadi, kuncinya memang izin Allah tersebut, tapi niat tetap harus kuat untuk melakukannya.

Beda halnya dengan puasa Ramadhan yang hukumnya wajib. Semaksimal mungkin kita harus melakukannya dan kalaupun ada hari yang batal, maka kita tetap harus menggantinya di hari lain. Dan yang menjadi masalah adalah mengganti puasa Ramadhan dihari lain di bulan bukan bulan Ramadhan akan terasa lebih berat karena kondisi lingkungan yang tidak sedang berpuasa.

Insya Allah, dengan membiasakan diri berpuasa sunnah minimal bila puasa Ramadhan ada hari dimana kita batal karena hal yang tidak bisa dihindari, maka menggantinya di bulan selain Ramadhan akan lebih mudah.

6 komentar:

  1. sangat bermnanfaat gan :)

    BalasHapus
  2. semoga kita diberi kemudahan dalam menjalankan puasa-puasa sunnah.

    BalasHapus
  3. Semoga keberkahan selalu di dapat bagi yang menjalankan puasa sunnah yang sesuai syariat Islam.

    BalasHapus
  4. Pak saya mau menyakan jika pada hari tidak puasa untuk jadwal makan pagi jam berapa? mengingat puasa daud berbeda dengan puasa ramadan yg rutin makan sahur dan berbuka setiap hari. Kemudian untuk makan siang atau gak? mohn maaf jika pertanya saya panjang

    BalasHapus